Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Tangsel 15412
+621 7401925 Ext.1842

Tim UIN Jakarta Melakukan Sosialisasi Aplikasi UKT di IAIN Padangsidimpuan

Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menghadiri undangan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-UKT BKT Mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan pada tanggal 28 Agustus 2017

Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menghadiri undangan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-UKT BKT Mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan pada tanggal 28 Agustus 2017.

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan sambutan oleh Dr. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Padangsidimpuan menjelaskan bahwa kerjasama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bukan pertama kali kita jalin, sebelumnya kami sudah bekerja sama implementasi Aplikasi e-LKP di IAIN Padangsidimpuan yang sudah sangat baik untuk penerapan laporan kinerja pegawai kami. Dengan tema bahasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada sosialisasi ini, beliau mengharapkan kepada Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat memberikan ilmu dan pengalaman ke kami seputar implementasi aplikasi UKT yang sudah berjalan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehingga kami bisa bekerja sama untuk sharing persiapan kebijakan dan implementasi sistem UKT di lingkungan IAIN Padangsidimpuan.

Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga

Selepas sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terdiri dari Abdullah, S.Kom (Pustipanda), Taufik Hidayat, SE, M.Si (Subbag Aklap Biro PK), dan Muhammad Syarif, SH.I (Pusat Pengabdian Masyarakat) melakukan sosialisasi materi kepada peserta. Peserta yang menghadiri sosialisasi ini adalah para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Kabag dan Kasubag Rektorat di IAIN Padangsidimpuan.

Narasumber memberi materi pemanfaatan Aplikasi e-Campus & UKT UIN Jakarta

Kegiatan sosialisasi ini dibagi menjadi 3 sesi, yakni:

  1. Pengenalan Aplikasi e-Campus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Sosialisasi Kebijakan dan Implementasi UKT di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  3. Pengenalan Aplikasi UKT UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pada sesi 1, Pengenalan Aplikasi e-Campus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Muhammad Syarif, SH.I, menjelaskan Aplikasi e-Campus memiliki modul-modul yang mendukung kegiatan universitas terpadu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Salah satunya yang kami gunakan adalah modul Pengabdian Masyarakat seperti Mahasiswa dapat mendaftar Pengabdian secara online, sehingga memudahkan pengolahan data dan pelaporannya. Selain itu, beliau juga menjelaskan fasilitas modul Akademik, modul Penerimaan Mahasiswa Baru, sampai dengan modul Wisuda yang memudahkan akses kepada stakeholder UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada sesi 2, Sosialisasi Kebijakan dan Implementasi UKT di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Taufik Hidayat, SE, M.Si, menjelaskan mengenai landasan hukum penerapan UKT, pengertian UKT, penyusunan data dukung UKT, persyaratan UKT, prosedur UKT, proses sanggah/klarifikasi UKT, sanksi UKT, dan pelaporan UKT. Pada prinsipnya, beliau mengatakan bahwa penyusunan data dukung UKT seperti isian data pendapatan orang tua, kepemilikan mobil/tanah, dsb perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan daerah universitas. Sehingga pada borang pengisian Aplikasi UKT diharapkan calon mahasiswa baru mengisi data dukung UKT terpenuhi dan valid yang nantinya sangat berpengaruh pada kemudahan unviersitas dalam menentukan kelompok UKT tersebut. Pada sesi ini narasumber saling diskusi bersama peserta terkait persiapan dan permasalahan yang kemungkinan terjadi selama implementasi sistem UKT.

Pada sesi terakhir, Pengenalan Aplikasi UKT UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Abdullah, S.Kom, menjelaskan pengenalan lebih dalam pemanfaatan Aplikasi UKT, seperti fitur aplikasi, spesifikasi aplikasi, hingga alur penggunaan aplikasi. Beliau menambahkan bahwa aplikasi UKT ini tidak dapat berjalan sendiri tanpa terinstalasi modul Akademik (AIS) dan modul Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB Mandiri Online) pada e-Campus, sehingga kedua modul ini wajib diinstalasi saat implementasi Aplikasi UKT. Sesi ini juga menampilkan demo aplikasi UKT langsung untuk memberikan gambaran kepada peserta bagaimana calon mahasiswa baru mendaftar UKT sampai mendapat pengumuman kelompok UKT dan juga bagaimana Admin bisa melakukan pengelolaan data, proses penentuan kelompok, sampai pelaporan UKT. Pada sesi ini juga narasumber saling diskusi bersama peserta terkait penggunaan Aplikasi UKT.

Peserta Sosialisasi Antusiasi Mempelajari Implementasi UKT di UIN Jakarta

Para peserta sangat antusias mengikuti pemaparan materi yang diberikan oleh narasumber dan mereka perlu persiapan dari segi kebijakan biaya UKT, persyaratan UKT, serta Aplikasi UKT yang sesuai dengan kondisi calon mahasiswa baru nanti di IAIN Padangsidimpuan. Narasumber juga mendapat masukan dari para peserta seperti data dukung UKT perlu dirinci lebih detail contohnya perlu disediakan isian apakah status pembelian mobil/rumah dengan tunai atau kredit, dsb. Di akhir kegiatan sosialisasi, narasumber dan peserta melakukan sesi foto bersama dan semoga pertemuan ini dapat saling melengkapi kelebihan dan kekurangan implementasi UKT baik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta maupun IAIN Padangsidimpuan.

Tim UIN Jakarta berfoto bersama para pimpinan fakultas dan rektorat di lingkungan IAIN Padangsidimpuan