Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Tangsel 15412
+621 7401925 Ext.1842

Penggunaan Task Manager

Sebelumnya mungkin dari anda sering memakai sebuah aplikasi bawaan windows yang bernama task manager. Task manager seperti yang banyak dari anda ketahui adalah sebuah Aplikasi yang bisa dipakai untuk trobleshooting dimana kita bisa mengetahui aplikasi apa yang memakan resource system besar. Namun, sering kali banyak orang yang salah tentang penggunaan task manager ini.

Seperti contoh dalam kasus dimana user ingin memgetahui jumlah penggunaan Memory (RAM) serta CPU resource (penggunaan processor) dari aplikasi.  Banyak saya temukan di forum/Grup, user tersebut langsung menggunakan Task manager, namun user tersebut hanya memakai fungsi yang ada di tab performance, seperti yang ada di gambar di bawah ini :

task manager 3
apa yang user lakukan ini sebenarnya adalah salah. Kenapa salah ? dikarenakan fungsi task manager untuk dibagian tab performance ini merujuk kepada suatu system secara keseluruhan. Untuk mengetahui jumlah CPU resource dan Memory (ram) yang benar adalah dengan meruju kepada tab bagian process. Setelah itu, anda bisa langsung merujuk kepada aplikasi yang dimaksud.

Karena kesalahan tersebut juga, membuat beberapa pengguna awam yang menemukan systemnya mengalami full load CPU dan pemakaian Memoy (ram) berlebih, selalu menyalahi itu kesalahan virus. Padahal tidak selalu virus penyebabnya, apabila memakai cara diatas akan ketahuan aplikasi apa yang menjadi penyebab hal tersebut.