Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Tangsel 15412
+621 7401925 Ext.1842

Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan di Fakultas, PUSTIPANDA Galakan Online Public Catalog (OPAC)

PUSTIPANDA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – Perpustakaan merupakan tempat penyimpanan bahan pustaka dan penyusunan bahan pustaka secara sistematis agar dapat digunakan oleh pengguna untuk  mendapatkan  informasi  yang  dibutuhkan.  Informasi  yang  dibutuhkan pemakai dapat berupa buku dan nonbuku seperti buku  teks, kamus, ensiklopedi, direktori, abstraks, surat kabar, jurnal, makalah, buletin, skripsi, tesis, laporan penelitian  mikrofilm,  dan  slide. Salah satu tujuan perpustakaan adalah menyediakan layanan informasi kepada pengguna, untuk memperoleh informasi tersebut maka perpustakaan harus menyediakan alat bantu telusur. Alat bantu telusur tersebut biasa disebut dengan katalog. Katalog adalah kumpulan daftar koleksi yang disusun secara sistematis.

Keunggulan sistem OPAC dari katalog kartu dan katalog manual lainnya, adalah kemudahan dalam penelusuran. Melalui OPAC, pengguna bisa menelusur dokumen yang dibutuhkan dengan berbagai cara, yang tidak mungkin dapat dilakukan pada katalog kartu atau katalog manual lainnya, misalnya menelusur berdasarkan kata kunci ke semua ruas, menelusur menggunakan operator Boolean, operator word adjacency dan sebagainya.

Di Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sendiri sudah sejak lama menggunakan OPAC, akan tetapi tidak di fakultas. Beberapa fakultas masih melakukan sistem automasi di jaringan lokal saja, seperti halnya data yang kami dapatkan dari tim Data Center PUSTIPANDA. Sebagian lainnya sudah melakukan registrasi pendaftaran Hosting dan Domain untuk kebutuhan OPAC, hingga akhirnya per tanggal 20 – 24 Februari 2017 kami mengidentifikasi dan melakukan alokasi server khusus untuk OPAC Perpustkaan yang ada di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Menurut Kepala PUSTIPANDA Nashrul Hakiem, Ph.D Sebanyak 5 Fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah memanfaatkan Online Public Catalog (OPAC) diantaranya :

  1. Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  2. Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora
  3. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan
  4. Perpustakaan Fakultas Ushuluddin
  5. Perpustakaan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi

“Peran PUSTIPANDA dalam hal ini menjadi pilar penopang dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kedepan kami mengharapkan seluruh perpustakaan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat mengoptimalkan penggunaan OPAC dengan baik.” Tambahnya.