Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Tangsel 15412
+621 7401925 Ext.1842

History Pustipanda

Tahun 2000
Di bawah Biro Perencanaan dan Keuangan dibentuk bagian sistem informasi dengan satu sub bagian sistem informasi. Dengan memfokuskan pada layanan data dan akademik yaitu memproses data nilai dari manual dengan media kertas ke dalam sebuah sistem komputer. Inilah yang menjadi cikal bakal pendirian Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data atau yang lebih dikenal PUSTIPANDA di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tahun 2002
Seiring dengan perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. maka terjadi perubahan pula pada struktur organisasi bagian Sistem Informasi. Hal ini dilakukan untuk merespon kebutuhan UIN akan pemanfaatan sistem dan teknologi informasi yang lebih baik dalam menghadapi persaingan global.
Tahun 2003
Di bagian Sistem Informasi dibentuk sub-sub bagian yang lebih spesifik, antara lain: Hubungan Masyarakat; Pengembangan Sistem; dan Pengolahan Data.
Pada sub bagian Pengembangan Sistem, bertanggung jawab dalam implementasi pemanfaatan teknologi informasi dengan mulai dikembangkannya sebuah sistem komputerisasi akademik yang lebih integratif, yang menangani seluruh administrasi secara menyeluruh yang disebut Simperti (Sistem Informasi Perguruan Tinggi).
Tahun 2010
Di Bulan Februari tahun 2010, dengan diterbitkannya Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pusat Komputer atau lebih dikenal (Puskom) resmi berdiri. Pendirian Puskom bertujuan untuk mengakselerasi pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung visi UIN Jakarta menjadi world class university. Puskom merupakan metamorfosis dari Sub-bag Pengembangan Sistem, Bagian Sistem Informasi, Biro Perencanaan, Keuangan dan Sistem informasi. Puskom mulai melakukan beberapa pembenahan di bidang pengembangan sistem, jaringan dan data center secara global di lingkungan universitas.
Tahun 2013
Sesuai dengan perkembangan universitas dan arah pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi maka pada akhir tahun 2013 dilakukan perubahan nama Puskom menjadi Pustipanda (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data). Serta dilakukan penambahan dan pengembangan divisi yang ada di dalamnya yaitu yang sebelumnya terdiri dari 3 divisi (Support, Development, Operational) menjadi 5 divisi (IT Support, IT Development, IT Operation, IT Data Center & Security, IT Service Management).