Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Tangsel 15412
+621 7401925 Ext.1842

Backup Website (Seri 1): Pentingnya Melakukan Backup

Seri Artikel melakukan backup file dan database website tentang pentingnya melakukan backup website

Website merupakan kumpulan halaman informasi seputar organisasi atau perusahaan yang dapat diakses melalui jaringan World Wide Web. Suatu website tentu saja memiliki data yang penting. Apabila data penting tersebut hilang, tentu saja Anda akan merasa kehilangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan backup terhadap website yang dikelola oleh organisasi.

Mengapa harus dilakukan backup website?

Website berisi data penting yang harus dibackup untuk menghindari hilangnya data penting tersebut. Banyak sekali kejadian yang dapat menyebabkan data penting hilang diantaranya kesalahan manusia (human eror), bencana alam, cybercrime atau hacked, kerusakan hardware dan software, dan lain-lain. Sehingga ketika terjadi insiden tersebut, pengelola website sudah memiliki backup data website yang dapat di restore. Sebaiknya kegiatan backup website dilakukan secara berkala minimal seminggu sekali.

Bagaimana cara melakukan backup website?

Pada bahasan kali ini, Pustipanda UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengajak seluruh pengelola website di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan backup website secara manual agar memahami secara mendasar backup file dan database website:

Adapun persiapan tools dan informasi yang harus disiapkan pengelola website adalah:

  1. FileZilla Client, software ini digunakan untuk backup file website. Silahkan download https://filezilla-project.org/download.php?type=client Untuk bahasan kali ini, kami menggunakan OS Windows dan FileZilla versi 64 bit (Anda bisa menggunakan versi 32 Bit dan sesuaikan dengan OS yang dipakai Windows/Linux)
  2. Informasi Akses FTP. Pastikan pengelola website sudah mendapatkan informasi akses FTP yang berisi Hostname, Username, dan Password. Jika Anda mengalami kesulitan atau lupa informasi akses FTP, silahkan kontak Pustipanda melalui servicedesk@uinjkt.ac.id dengan subject “Bantuan Informasi Akses FTP Website xxx.uinjkt.ac.id”
  3. Informasi Akses Phpmyadmin (Database). Pastikan pengelola website sudah mendapatkan informasi akses Phpmyadmin (Database MySQL). Jika Anda mengalami kesulitan atau lupa informasi akses Phpmyadmin, silahkan kontak Pustipanda melalui servicedesk@uinjkt.ac.id dengan subject “Bantuan Informasi Akses Phpmyadmin Website xxx.uinjkt.ac.id”\
  4. Akun Email UINJKT untuk Google Drive. Kami merekomendasikan agar penyimpanan backup website ke Google Drive selain disimpan ke harddisk komputer atau media eksternal lainnya. Akun Email yang digunakan sebaiknya akun email @uinjkt milik pengelola website atau nama organisasi/satuan kerja.